Pengaruh Kerjasama Tim, Komunikasi, Lingkungan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pasca Merger Bank Syariah Indonesia

Authors

  • Siti Indah Purwaning Yuwana UIN KHAS Jember

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v1i12.923

Keywords:

Kerjasama, Komunikasi, Lingkungan, Kompensasi, Kinerja, Karyawan

Abstract

Akhir tahun 2020 telah terjadi merger antara tiga Bank Umum Syariah anak perusahaan Bank BUMN di Indonesia dengan nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Hasil merger dinilai oleh Gubernur Bank Indonesia akan mampu untuk menaikkan perekonomian syariah dan memperkokoh perbankan syariah di Indonesia. Hasil ini tidak terkecuali juga berlaku pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kertosari, Banyuwangi, yang termasuk dalam bank hasil merger. Merger ini dapat memberikan pengaruh positif bagi karyawan yang ada, diantaranya perusahaan dapat menghasilkan sumber daya insani yang lebih berkualitas dan memiliki dedikasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kerjasama tim, komunikasi, lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pasca merger menjadi Bank Syariah Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh karyawan PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Kertosari, Banyuwangi sebanyak 17 orang. Analisis kuantitatif Regresi Linier Berganda digunakan dalam penelitian ini, Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial Kerjasama tim, komunikasi, dan lingkungan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kesimpulan penelitian ini dapat memberikan masukan penting bagi pihak manajemen agar tetap peduli, atau bahkan bisa lebih meningkatkan kompensasi yang diberikan, sehingga kinerja karyawan akan semakin meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrias, Lutfi, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Kerjasama Tim terhadap kinerja Karyawan pada PT. Bank sulselbar Kantor Pusat Makassar.

Aulia, F.U. (2020). Akuntansi Bank Syariah ( F. Firmansyah, Ed.), Pemekasan: IAIN Madura Press.

Bisnis Tempo, Gubernur BI Yakin Merger Bank Syariah BUMN Bakal Ciptakan Halal Value Chain. Retrieved January 20, 2021

Chairunisyah, L.T. (2020). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Kepuasa Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Ahmad Yani Medan). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ghazali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badang Penerbit Undip.

Ismail, Hajiali Dkk. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Makassar. Jurnal Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia : Vol. 8, No. 1.

Indajang, Kevin. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Central Asia Tbk, Cabang Pematangsiantar. Jurnal SULTANIST, Vol. 6, No. 2.

Jayanti, K.T dan Wati, L.N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Manajemen EKOBIS: Vol. 9, No. 1.

Jen, V dan Kurniati W. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Karir dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pT. Bank Commonwealth Jakarta,. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan: Vol. 3, No. 2.

Jufrizen. (2017). Efek Mediasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan.

Lawasi, E.A dan Triatmanto, B. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kerjasama Tim terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.5, No.1

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nuraeni Gani, Dkk. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab, Lingkungan Kerja, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Stdi pada Bank BTN Kantor Cabang Syariah Makassar). IBEFVol.2, No. 1

Prabawa, I.M.A dan Supartha, I.W.G. (2018). Meningkatkan Produktivitas Karyawan Melalui Pemberdayaan, Kerja Sama Tim dan Pelatihan di Perusahaan Jasa. E-Jurnal Manajemen Unud: Vol.7, No. 1.

Pratama, A.R dan Ridwan, M. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja karyawan pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Medan. Jurnal Al-Qasd: Vol. 2, No. 2.

Putri, L.D.P dan Sariyathi, N.K. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kerjasama Tim dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Cabang renon,.E-Jurnal manajemen Unud: Vol. 6, No. 6.

Sembiring, Hendri. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Sinarmas Medan. Jurakunman Vol. 13, No. 1.

Sengkey, E.A. (2021). Pengaruh Reward, Punishment, dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Sulutgo Cabang Tomohon. Jurnal EMBA Vol. 9, No.3

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia,. Yogyakarta: CAPS.

Sunyoto, D. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.

Supriyanto , Dodi dan Syafitri, N.A. (2021). Prospek dan Tantangan Bank Syariah Pasca Merger (Bank Syariah BNI, BRI, dan Mandiri).Banking & Management Review.

Suwati ,Yuli. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada P. Tunas Hijau Samarinda. E-Journal Ilmu Adminitrasi Bisnis: Vol. 1, No. 1.

Utami, L.G.V. (2021). Pengaruh Komunikasi, Motivasi Instrinsik dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerj Karyawan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Padma Di Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal , 3(2).

Yuniasi, Yuyun. (2017). Pengaruh Disiplin dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Penelitian pada Staff Pegawai Non Manajer di PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk. Kota Tasikmalaya. Jurnal Perbankan: Vol. 2, No. 1.

Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330-338.

Zainal, V.R.. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Yuwana, S. I. P. (2022). Pengaruh Kerjasama Tim, Komunikasi, Lingkungan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pasca Merger Bank Syariah Indonesia. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 4163–4170. https://doi.org/10.56799/jim.v1i12.923

Issue

Section

Articles