Pendampingan Diversifikasi Singkong Menjadi Keripik Serta Teknik Pengemasan dan Labeling Desa Tira Buton Selatan

Authors

  • Sukrin Sukrin Politeknik Baubau
  • Resfika Aswira Politeknik Baubau
  • Kuswinton Kuswinton Politeknik Baubau
  • Abel Haryanto Politeknik Baubau
  • Abdul Malik Politeknik Baubau
  • Sanufi Sanufi Politeknik Baubau

DOI:

https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.746

Keywords:

Diversifikasi singkong, Pengemasan, Label

Abstract

Desa Tira Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan merupakan salah satu penghasil singkong. Adapun tujuan pengabdian ini adalah; 1) mendiversifikasi singkong menjadi keripik dan tela-tela yang sehat untuk dikonsumsi. 2) memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Tira untuk mengelola singkong sebagai peluang bisnis yang bernilai ekonomi. dan 3) mengimplementasikan ilmu manajemen pemasaran melalui metode pengemasan dan pelabelan produk yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk baru kepada masyarakat Desa Tira. Metode pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendampingan dan pelatihan dalam Teknik Pengemasan dan Labeling Produk keripik singkong. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan masukan bagi para pengambil keputusan/kebijakan khusunya bagi masyarak Desa Tira Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan, Kemudian dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran. Kemudian keluaran hasil penelitian ini; 1) membangun peluang dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis di masyarakat Desa Tira. 2) memanfaatkan singkong sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. dan 3) membuka peluang usaha bagi masyarakat Desa Tira.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. 1999. (1999). Suplemen, Vitamin dan Mineral Bagian I. http://www.prn.usm.my.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi.

Departemen Koperasi. (2008). PDB, Investasi, Tenaga Kerja, Nilai Ekspor UKM di Indonesia.

Hidayat, Yan Yan, H. S. F. Y. (2017). Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Singkong (Studi Kasus Pada Perajin Keripik Singkong di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4 No 1 sep, 591–597.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1 Yogyakarta.Andy.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Sukrin, S., Resfika Aswira, Kuswinton, K., Abel Haryanto, Abdul Malik, & Sanufi, S. (2022). Pendampingan Diversifikasi Singkong Menjadi Keripik Serta Teknik Pengemasan dan Labeling Desa Tira Buton Selatan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 356–360. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.746

Issue

Section

Articles