Pengaruh Good Governance, Regulasi Dan Inventarisasi Aset Terhadap Manajemen Aset Pada Pemerintah Kota Palembang

Authors

  • Muhammad Rafly Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Kiagus Zainal Arifin Akuntansi, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Muhammad Husni Mubarok Akuntansi, Politeknik Negeri Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Good Governance , Regulasi dan Inventarisasi Aset terhadap Manajemen Aset pada Pemerintah Kota Palembang. Populasi yang digunakan adalah seluruh OPD yang ada di Kota Palembang dengan total sampel sebanyak 126 sampel. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Good Governance, Regulasi dan Inventarisasi Aset berpengaruh terhadap Manajemen Aset dan Good Governance (X1) , Regulasi (X2), Inventarisasi Aset secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Aset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arlini, M., Darwanis, & Syukriy Abdullah. (2014). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Regulasi dan regulasi terhdap Manajemen Aset (Studi pada Satuan Kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di Indonesia). Jurnal Akuntansi. Universitas Syiah Kuala Volume 3, No. 4, November 2014, pp. 66-75.

Awaludin, I., Suharman, H., & Fitriyah, F. K. (2018). Pengaruh Intellectual Capital dan Penerapan Prinsip Good Governance oleh Pengelola Barang Milik Negara terhadap Penerapan Manajemen Aset Tetap. Journal of Applied Accounting and Taxation, 3(2), 174-186.

Azhar, I., Darwanis, & Syukriy Abdullah. (2013). Pengaruh Kualitas Aparatur Daerah, Regulasi dan Sistem Informasi terhadap Manajemen Aset (Studi pada SKPD Pemerintah Kota Banda Aceh). Jurnal Akuntansi Universitas Syiah Kuala. Volume 2, No. 1, Februari 2013, pp. 15-26.

Mainar, D., & Abdullah, S. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern, Pemahaman Regulasi, Dan Sistem Informasi Terhadap Manajemen Aset (Studi pada SKPK di Kabupaten Aceh Jaya). Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 6(1).

Prihartini, Tiara. 2020. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Regulasi, regulasi, dan Asas-asas Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Aset pada Badan Usaha Milik Daerah. Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang.

Puspasari, N. (2018). Pengaruh Sistem Informasi, Inventarisasi Aset Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Manajemen Aset (Studi Pada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Muhammad Rafly, Kiagus Zainal Arifin, & Muhammad Husni Mubarok. (2022). Pengaruh Good Governance, Regulasi Dan Inventarisasi Aset Terhadap Manajemen Aset Pada Pemerintah Kota Palembang. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(5), 511–520. Retrieved from http://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/view/710

Issue

Section

Articles